Friday, October 9, 2009

Raden Suryadiwangsa = Suryadiningrat

Wirawangsa
Dalam silsilah ini terdapat :
1. Raden Patah
2. Pati Unus
3. Raden Abdullah = Pangeran Yunus = Arya Jepara
4. Raden Suryadiwangsa = Suryadiningrat
5. Raden Wirawangsa = Tumenggung Wiradadaha I
--------------------------------------------------

Raden Suryadiwangsa = Suryadingrat

Selain Raden Aryawangsa, Raden Abdullah putra Pati Unus juga memiliki anak lelaki lainnya yaitu yang dikenal sebagai Raden Suryadiwangsa yang belakangan lebih dikenal dengan gelar Raden Suryadiningrat yang diberikan Panembahan Senopati ketika Mataram resmi menguasai Priangan Timur pada tahun 1595.

Raden Surya dikirim ayahnya, Raden Abdullah putra Pati Unus yang telah menjadi Penasehat Kesultanan Banten untuk membantu laskar Islam Cirebon dalam usaha peng Islaman Priangan Timur. Raden Surya memimpin dakwah (karena hampir tanpa pertempuran) hingga mencapai daerah Sukapura dibantu keturunan tentara Malaka yang hijrah ketika Pati Unus gagal merebut kembali Malaka dari penjajah Portugis. Beristirahatlah mereka di suatu tempat dan dinamakan Tasikmalaya yang berarti danaunya orang Malaya (Melayu) karena didalam pasukan beliau banyak terdapat keturunan Melayu Malaka.

2 comments:

  1. Siapa ya,..istri beliau yg merupakan adik panembahan senopati mataram,..?

    ReplyDelete
  2. Yang kemudian melahirkan anak Ngabehi Wirawangsa yang menikah dengan Nyai pun Nyai Ageung Putri ti Entol Wiraha + Nyai Ageung,....saya yakin,..inilah runtaian sukapura NU SALERESNA,....Nu diatasna Katurunan langsung Prabu Siliwangi + Subang Larang,...

    ReplyDelete